Setting Sidebar Windows Vista di WindowsXP

Setting Sidebar Windows Vista di WindowsXP

Anda menyukai fitur sidebar pada Windows Vista yang berisikan gadget untuk menempatkan aplikasi2 kacil pada sidebar tapi tidak suka menggunakan Windows Vista dan lebih menyukai Windows XP ? Hal tersebut bukanlah masalah, karena anda tidak perlu menginstall Windows Vista atau melakukan upgrade dari Windows XP ke Windows Vista. Karena anda dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Windows Vista Sidebar for Windows XP.

Tapi yang perlu diingat sebelum melakukan instalasi ini adalah aplikasi ini memerlukan memori yang besar untuk menjalankannya sehingga tanpa adanya resource memory yang besar akan terasa Windows XP anda akan mengalami perubahan yaitu melambat performanya. Aplikasi ini sendiri memiliki file seukuran 14.6 MB yang bisa di download di http://tinyurl.com/63f55p. Langkah2 instalasinya :

Ekstrak file tersebut dan akan mendapatkan 2 buah aplikasi yaitu : Alky for application, windows sidebar installer dan gadget extractor. Ketiga aplikasi itu memiliki fungsi masing2 yang cukup penting dalam mendukung tampilan sidebar. Alky adalah aplikasi untuk menjalankan aplikasi Windows Vista di Windows XP, Windows Sidebar Installer berguna untuk menampilkan Sidebar, sementara Gadget Extractor untuk menambahkan daftar gadget pada sidebar.

Install Alky terlebih dengan menjalankan installer.msi lalu jalankan Windows_Sidebar_Installer.exe untuk menginstall Windows Sidebar. Terakhir baru lakukan instalasi Gadget Extractor.

Setelah itu maka Anda harus menjalankan secara manual untuk menggunakan sidebar dengan mengakses file sidebar.exe di direktory tempat anda menginstall apalikasi. Setiap objek yang tampil di sidebar disebut gadget dan bila anda ingin menambah gadget pada sidebar, klik kanan pada area yang terisi gadget dan pilih “Add Gadgets“. Maka akan muncul beberapa gadget menarik yang bisa anda tambahkan pada sidebar.

Untuk menambah koleksi gadget yang ada di gallery dapat anda lakukan secara onlien. Akhirnya untuk mengakhiri penggunaan sidebar, maka klik kanan dan pilih “Close Sidebar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Konsep dan Tujuan RT/RW NET

Cara Menghilangkan Virus ramnit dengan mudah