TIPS MEMPERBAIKI KOMPUTER YANG LAMBAT



memperbaiki komputer yang lamBAT bisa dengan berbagai cara, karena memang penyebab kinerja komputer lambat itu bisa dikarenakan berbagai macam faktor. Oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk dengan segera anda bisa memperbaiki komputer anda yang lambat. Cara ini mudah termasuk cara yang mudah dan sederhana :

  1. Pertama, cobalah anda menginstal sebuah program antivirus untuk dengan segera memproteksi komputer anda yang lambat, bisa jadi komputer anda melambat karena virus yang nakal. Jangan membuka file-file atau email yang mencurigakan, biasanya tidak jelas pengirim dan subject emailnya. Biasanya dengan menginstal antivirus sudah bisa memperbaiki komputer yang lambat. Mungkin komputer anda terkena virus ketika menggukan flashdisk, karena itu sebelum menggunakan flashdisk scan dengan antivirus terlebih dahulu.
  2. Saya menyarankan anda untuk segera mengupgrade RAM anda menjadi 1 GB atau 2 GB jika komputer anda benar-benar sangat lambat. Jika memang lambannya komputer anda memang disebabkan terlalu kecilnya size RAM yang terpasang di cpu, maka upgrade memory secepatnya dan kecepatan komputer anda akan lebih baik.
  3. Untuk dan meningkatkan performanya, anda juga harus membuat desktop anda terlihat bersih dari noda, maksud saya file-file. Hapus shortcut, folder ataupun file di desktop anda yang tidak terpakai. Kalau anda tidak ingin menghapusnya, pindahkan saja file dari dekstop ke drive lain di harddisk anda. Kalau bisa simpan file di drive yang berbeda dari instalasi operating system windows, misal windows diinstal didrive C: maka simpanlah file anda didrive D. Dengan begini akan memberi ruang yang lebih untuk system windows bekerja.
  4. Jalankan Disk Defragment secara teratur untuk memperbaiki komputer yang lambat. Anda bisa menggunakan program Windows Disk Defragment untuk membersihkan fragment dalam harddisk anda. Untuk menjalankan program ini silahkan: Klik Start – Run – dan ketikan dfrg.msc untuk menjalankan defragment. Atau Klik Start – All Programs – Accessories – System Tools – Disk Defragment. Lalu klik tombol Defragment setelah anda memilih drive mana yang akan didefrag, setelah itu tunggu sampai proses defrag selesai.
  5. Perbaiki registry yang error untuk menambah kecepatan kerja komputer. Ukuran registry terus bertambah saat anda menggunaka windows. Saat registry menjadi sangat besar, performa komputer akan terganggu dan tidak stabil. Beberapa pengguna komputer terkadang menggunakan banyak waktu untuk mencoba mengedit registry secara manual. Bukan saja ini adalah kegiatan yang berbahaya tetapi ini juga sangat beresiko. Selain itu registry entri yang invalid atau rusak terkadang akan membuat seluruh system di komputer anda menjadi crash. Sebuah program bagus seperti registry cleaner bisa membantu anda untuk memperbaiki komputer yang lambat itu dengan membersihkan registry yang invalid dan mengganggu hanya dalam beberapa menit saja.
Dari beberapa tips diatas yang anda bisa lakukan mungkin juga bisa anda lakukan secara rutin. Sekaligus anda bisa mengetahui kira-kira permasalahan apa yang selama ini terjadi dengan komputer anda sehingga komputer anda menjadi lambat. Semoga tips diatas bisa berguna buat anda yang memiliki masalah komputer lambat. Kalau saya sendiri rutin untuk paling tidak sebulan sekali deh mengikuti tips diatas untuk mencegah atau memperbaiki komputer yang lambat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Konsep dan Tujuan RT/RW NET

Cara Menghilangkan Virus ramnit dengan mudah